Kebebasan

Uf.

Membayangkan jaringan di dunia maya ibarat membayangkan dunia tanpa batas. Jika kita mengandaikan sekian miliar penduduk Bumi terhubung dalam jaringan internet ini, saya ngeri membayangkan sekian miliar imajinasi.

Dari blog seorang kawan, kabarnya pernah muncul suatu tulisan, dan diimajinasi sebagai suatu bentuk ujaran. Dari situ ujaran diterjemahkan sebagai bentuk gagasan, dan gagasan itu dianggap bertentangan dari kebiasaan.

Ada pula seorang penulis di sebuah wordpress memajang sebaris pernyataan gagasan, menyiratkan keluhan dalam bentuk tulisan, seakan syok menerima beragam tanggapan karena ekspresinya di jagat jaringan. Dalam jagat jaringan orang dapat membaca, baik sekonyong-konyong mampir, menyelonong membaca, tertarik pada kata-kata, memperoleh gagasan, mengirimkan pendapat, mengajukan surat elektronik, dan berprasangka: Apakah Saudara menebar hasutan?

Kebebasan.

Sebagaimana di awal betapa ngeri saya membayangkan sekian miliar imajinasi di atas, betapa nisbi juga makna kebebasan, dengan pengandaian ketakberwatasan imajinasi. Itu setidaknya melintas dalam imajinasi, angan-angan, benak manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: