Aficionado

Aficionado, istilah baru yang saya temukan dari email yang saya terima dari seorang antropolog masyhur Belanda, sandra Niessen. Apa itu aficionado?

Saya mencari maknanya, memanfaatkan fasilitas pencarian yang tersedia di google. Dan inilah yang saya dapatkan, masih dalam bahasa Inggris, saya kutip seutuhnya, supaya Anda pun turut merenungkannya.

Aficionado, a person who is very knowledgeable and enthusiastic about an activity, subject, or pastime.

Aficionado adalah seorang yang sangat perhatian dan menaruh minat yang mendalam terhadap suatu bidang, kegiatan, atau kisah masa lalu. Kamus webster, menyebut aficionado berasal dari bahasa Spanyol, padanannya dalam bahasa Inggris affection, atau affectio, dalam bahasa Latin.

Dalam bahasa Spanyol aficionado merupakan kata benda, berfungsi sebagai kata benda, maknanya dapat berarti pendukung, simpatisan, pengikut, pemerhati, atau fans. Pada pertengahan abad kesembilan belas, makna aficionado dipahami sebagai para penyuka adu banteng, amateur  sebuah kata untuk bentuk lampau dari aficioner (jatuh cinta) tetapi dalam fungsinya sebagai suatu kata benda, dengan asal kata dalam bahasa Latin affectio(n-), yang artinya menaruh hati, berpindah menuju, atau afeksi.

Kata aficionado dengan padanannya amateur, dengan kata yang disebut belakangan ini diserap ke dalam bahasa Indonesia, amatir, memang akan lebih dekat padanan katanya yang telah diserap dalam bahasa Indonesia dengan kata afeksi. Amatir meskipun dalam bahasa asalnya juga dapat berarti “cinta”, tampaknya kurang begitu dikenal di Indonesia. Istilah amatir lebih berkesan negatif, kurang berkelas, atau kurang profesional, seperti muncul dalam penggunaan kata tersebut dalam kalimat: ia seorang amatir, padahal kalau merujuk kepada makna asalnya, amateur berarti orang yang mendarmabaktikan dirinya kepada suatu pekerjaan atau bidang kegiatan. Boleh jadi, amateur di sini justru memiliki keahlian yang lebih karena ia mencurahkan kemampuan atau upayanya kepada pekerjaan atau bidang kegiatan yang digelutinya. Amateur di sini berarti seorang yang bekerja penuh totalitas, menggeluti penuh bidang kegiatan yang ditekuninya.

Amateur, dalam ragam kehidupan di Indonesia mungkin dapat dicarikan rujukannya kepada para hobiis, tetapi makna ini pun mengalami semacam degradasi. Hobiis, adalah orang yang menyukai kegiatan sebagai upaya menghindari kejenuhan, rutinitas sehari-hari. Demi kesenangan, For pleasure. Penjelasan ini kira-kira terungkap menurut keterangan kamus di salah satu laman website, Amateur definition, a person who engages in a study, sport, or other activity for pleasure rather than for financial benefit or professional reasons.

Penekanan for pleasure dalam satu segi dapat berkesan negatif, hanya demi kesenangan semata, sehingga berkesan mengabaikan segi keahlian, profesionalitas, atau kocek keuntungan. Jika amateur dibaca demikian, maka amateur ini untuk kasus, hobiis, adalah amateur yang membelanjakan kesenangan dirinya sekehendak hati, meski kalimat di atas tidak selalu demikian. Amateur dalam akar katanya dalam bahasa Latin adalah amour, cinta,amatorem, amator, pecinta. Karenanya amateur jangan dipadankan dengan amatir, amatiran atau dari segi yang lain hobiis hedonis. Namun begitu, ada hal menarik lain jika kita mencoba googling isian kata amateur ini. En wikipedia, wikipedia berbahasa inggris, melekatkan amateur juga dengan makna cinta, dan ini dari segi yang lain, juga dapat memperoleh makna “cinta” yang memang cinta dalam tanda kutip. Mungkin, sebagai anak muda, asosiasi cinta dalam tanda kutip ini gampang sekali ditangkap. Coba saja, Anda googling kata kunci amateur, apakah yang muncul? Atau asosiasi apa ketika anda mengetikkan, atau apa yang hendak anda harapkan tayang? Ini adalah imajinasi, yang tampaknya memenuhi unsur “for pleasure”.

Aficionado, cinta, pada sisi yang lain membawa manusia kepada posisi menguasai, menghendaki, memiliki, karena itu ia membawa pula makna keinginan itu, hasrat, obsesi, birahi.

Memang dalam pembahasan makna kata itu, terakhir di atas kita berujung kepada sesuatu yang sentimentil. Cinta, dalam suatu akar makna yang lain. Namun simaklah juga padanan positif kata aficionado yang juga diungkapkan oleh kamus berikut ini:

synonyms: connoisseur, expert, authority, specialist, pundit, cognoscente; More

Bukankah kata-kata tersebut merujuk kepada makna positif?

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: