Candi Kalasan

Kalasan

Candi Kalasan, sebuah candi yang indah di sisi selatan Jalan Raya Jogja – Solo. Menurut informasi yang dapat dibaca di sana, Candi Kalasan dibangun pada masa pemerintahan Raja Panangkaran, sekitar tahun 778 M.

Ini kunjungan saya (lagi) yang pertama setelah rentang waktu yang agak lama. Dahulu kami pernah mengadakan acara di sini dalam suatu persekutuan gereja; di halamannya. Meski begitu, janganlah membayangkannya sebagai suatu ritual keagamaan. Karena waktu itu kegiatannya adalah semacam berwisata di alam terbuka.

Ada beberapa kenangan membekas yang mengemuka kembali ketika saya datang lagi ke sana. Saya teringat, dahulu di sini ayah saya bercakap-cakap dengan guru saya; pada waktu acara itu. Saya tidak tahu persis apa yang dipercakapkan. Namun, mungkin juga tentang saya, tentang sekolah saya. Kini keduanya telah tiada.

Candi Kalasan, yang menurut prasasti disebut Tarabhawana, menumbuhkan imajinasi saya tentang sosok Tara. Tara mungkin mirip seperti Durga. Yang arcanya di Candi Prambanan, masyhur dengan nama Jonggrang. Saya juga dapat membayangkan, mengikuti tafsir informasi di sana, arca itu ukurannya demikian besar. Saya memang dapat membayangkannya menilik “takhta” di bilik timur. Atau, kalau Anda pernah berkunjung ke Mendut, barangkali Anda akan membayangkan seperti saya: patung-patung berukuran raksasa.

Arca itu mungkin memang tidak dari batu, tetapi perunggu. Hei, apakah kini Anda dapat membayangkannya lagi; bagaimana sebuah patung besar dari perunggu? Bagaimana membuatnya? Siapa yang membuatnya? Bagaimana teknologi pembuatannya?

Tara juga mengingatkan saya kepada lagu yang pernah saya unduh dari internet, yang nyanyiannya dilantunkan oleh Ani Choying Drolma.

Hmm … Kalasan, memang menyimpan sejumlah kenangan.

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: