Juli

Sudah lama absen. Setidaknya 3 bulan ini vakum, tidak menulis di wordpress.

Ada banyak kesan dengan bulan Juli. Ia berada sesudah bulan Juni. Tentu saja. :p Beberapa teman berulang tahun pada bulan ini. Juga almamater saya.

Beberapa waktu lalu saya berjumpa dengan guru saya. Saya mengenang bahwa sekitar bulan Juni atau Juli saya masuk ke asrama sekolah. Mengikuti tes masuk, bersama kawan-kawan baru lulusan SMP waktu itu.

Tulisan saya kali ini mungkin juga berbeda. Barangkali berbeda dengan gaya ketika masa-masa menjadi editor. Meski mungkin juga tidak. Karena biasa bergaul dengan orang-orang sastra, saya jadi suka juga bersastra. :p (ah, kalau itu bernilai sastra ya …)

Dari bergaul dengan (orang) sastra, kadang tumbuh semangat menjadi sastrawan. Tetapi jalur-jalur yang saya jalani mengarah ke ruang yang berbeda lagi. Saya bukan lulusan sekolah sastra, tetapi “terpaksa” ikut mendalami sastra.

Internet memberikan daya jelajah yang mungkin tidak terpikirkan saya, atau mungkin sudah terpikirkan, tetapi tidak se-saya sangka sekarang; (barangkali). Bagaimana tidak? Dengan menulis di sini, saya seperti menulis sepucuk surat, yang bisa dibaca orang dari berbagai tempat. Surat saya, atau lebih tepatnya, karya tulis saya, dipublikasikan secara terbuka, melalui media akses yang bernama internet.

Sungguh tak terbayangkan.

Semoga karya tulis ini dapat mewarnai siapa saja yang suka membaca, dalam warna-warna yang indah. Mungkin terutama justru untuk saya: untuk mengeksplorasi jiwa, angan-angan, dunia gagasan. Semoga dengan karya tulis ini menjadikan kita lebih sehat dan menyenangkan.

Salam.

Tinggalkan Balasan

