Renungan

Semua sungai mengalir ke laut, tetapi laut tidak juga menjadi penuh.

Adakah sesuatu yang dapat dikatakan: “Lihatlah, ini baru!”? Tetapi itu sudah ada dulu, lama sebelum kita ada.

(Pengkhotbah 1:7a, 10 – TB LAI)

 

Suatu waktu seorang teman bertanya tentang ulang tahun saya. Kapan? Saya memberinya jawaban: nama bulan kelahiran saya dalam bahasa Indonesia sama dengan tanggal kelahiran saya dalam bahasa Jepang. Namun, barangkali karena jawaban saya membingungkan, ia pun tidak berhasil menebak.

Di lain waktu giliran saya yang menebak-nebak. Kapankah seseorang itu dilahirkan. Tetapi sepertinya saya salah menduga. Saya malah tampak seperti memaksakan pendapat: bahwa ia lahir di bulan Juli. Karenanya, ia menggelengkan kepala.

Pernah suatu saat saya merasa memahami sesuatu hal. Namun, di lain waktu muncul pemahaman yang lain. Kalau begitu, timbul pertanyaan: pernahkah saya benar-benar memahami sesuatu hal?

**

Tinggal di pinggiran kota, menjadikan kota serasa asing di mata saya. Apakah saya memahaminya karena saya biasa lewat dan memandangnya? Sekalipun lama saya tinggal di dekatnya, rasanya saya tidak memahaminya. Kota tumbuh dengan pesat dengan segala pernak-perniknya.

**

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

